Laman

Powered By Blogger

Selasa, 01 Juli 2008

KONSEP DASAR TCP/IP (Bagian 2)

Dasar Arsitektur TCP/IP


Fungsi Layer-layer dalam TCP/IP

Network Access Layer
Merupakan layer terbawah. Layer ini bertanggungjawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik. Media fisiknya dapat berupa kabel, fiber optik, atau gelombang microwave. Karena tugasnya ini, protokol pada layer ini harus mampu menerjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yang dimengerti komputer, yang berasal dari peralatan lain yang sejenis.
Perkembangan lebih lanjut, pada beberapa literatur Network Access Layer ini mulai dipecah menjadi 2 bagian yaitu physical layer dan data - link layer.

Internet Layer
Protokol yang berada pada layer ini bertanggungjawab dalam proses pengiriman paket ke alamat yang tepat.

Transport Layer.
Transport layer berisi protokol yang bertanggungjawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer.

Application Layer
Pada layer ini terletak semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP ini.



Dasar Arsitektur TCP/IP

Proses Pertukaran Data

Dalam TCP/IP terjadi penyampaian data dari protokol yang berada di satu layer ke protokol yang berada di layer yang lain. Setiap protokol memperlakukan semua informasi yang diterimanya dari protokol lain sebagai data.
Jika suatu protokol menerima data dari protokol lain di layer atasnya, ia akan menambahkan informasi tambahan miliknya ke data tersebut. Informasi ini memiliki fungsi yang sesuai dengan fungsi protokol tersebut. Setelah itu, data ini diteruskan lagi ke protokol pada layer di bawahnya.
Hal sebaliknya terjadi jika suatu protokol menerima data dari protokol lain yang berada pada layer di bawahnya. Jika data ini dianggap valid, protokol akan melepas informasi tambahan tersebut untuk kemudian meneruskan data itu ke protokol lain yang berada pada layer di atasnya.


Ringkasan

Arsitektur dasar TCP/IP dibentuk secara modular untuk menangani berbagai macam masalah komunikasi data. Modularitas ini memungkinkan TCP/IP secara mudah diimplementasikan pada berbagai jaringan dan jenis komputer yang berbeda. Secara fisik, jaringan komputer dibentuk dengan menambahkan peralatan network interface dan networking device (router, bridge, repeater dan lainnya). Secara software TCP/IP terdiri atas berbagai modul software yang memiliki berbagai fungsi .

Tidak ada komentar: